Jumat, Juni 11, 2010

Piala Dunia 2010

Degup Kencang Afrika Selatan

Viola Kurniawati - Piala Dunia
Gambar
Getty Images
Johannesburg - Perhelatan Piala Dunia akan dimulai beberapa jam lagi. Jantung Afrika Selatan pun semakin berdegup kencang menantinya.

Ratusan penari dan penyanyi berpakaian tradisional berparade menuju stadion Soccer City. Ratusan pengendara motor juga mobil beratribut bendera Afrika Selatan menyemarakkan kota dengan bunyi-bunyian dari vuvuzela (terompet khas Afrika Selatan). Demikianlah potret hebohnya Johannesburg menyambut pembukaan Piala Dunia, Jumat (11/6/2010) malam ini.

Menteri kebudayaan Afsel, Lulu Xingwana, menyatakan bahwa acara pembukaan Piala Dunia berlangsung dua hari sejak kemarin, Kamis (10/6), dengan dibuka oleh konser artis internasional juga bintang-bintang Afrika. Sekitar 1500 artis/musisi menjadi pengisi acara dalam pembukaan ini.

"Kami yakin acara ini akan menjadi perayaan kebudayaan dan warisan Afrika," ujarnya. "Kami siap untuk berpesta, dimulai dari konser pembuka di Stadion Orlando, Soweto, dan pesta besarnya saat pembukaan hari Jumat."

Panitia menyebutkan nama-nama besar sekelas R Kelly dan Shakira juga artis-artis Afrika akan tampil Jumat siang sebelum pertandingan pembuka Afsel vs Meksiko. Shakira akan tampil dan "menggoyang" penonton dengan lagu 'Waka-Waka This Time for Africa' yang merupakan lagu resmi Piala Dunia Afsel.

Sedangkan peraih Grammy Award, R Kelly dengan diiringi paduan suara Afrika Soweto Spiritual Singers akan membawakan 'Sign of a Victory' yang menjadi FIFA World Cup Anthem 2010. Selain itu, artis-artis Afrika juga didaulat mengisi acara ini, diantaranya AMadou, Hugh Masekela dan masih banyak lagi.

Acara pembukaan Piala Dunia 2010 akan berlangsung 30 menit. Setelah itu akan dilanjutkan dengan laga pembukaan tim tuan rumah Afrika Selatan melawan Meksiko. (roz/nar)

Tidak ada komentar: